Panduan Lengkap Cara Berobat Menggunakan BPJS Rumah Sakit Klinik

Bagi anda peserta baru bpjs atau yang belum pernah menggunakan bpjs tentu bertanya tanya bagaimana cara berobat menggunakan kartu bpjs,jawabanya sederhana yakni mudah asalkan anda tau prosedurnya dan menaati tata tertib klinik atau rumah sakit.

berobat bpjs

Sebelum anda lebih jauh membaca artikel saya tentang cara berobat dengan bpjs kami harapkan anda sudah tau bahwa bpjs berbeda dengan askes namun masih 1 induk yakni JKN.dan bpjs adalah peleburan dari askes.sistem bpjs adalah berjenjang,artinya semua pengobatan harus di awali dari faskes 1 seperti klinik puskesmas atau dokter praktek dan jika penyakit bisa di tangani di faskes 1 maka tidak perlu ke rumah sakit.Namun apabila sakitnya gawat darurat yang bisa sebabkan cacat bahkan kematian anda bisa langsung bisa ke rumah sakit tanpa rujukan faskes 1.tentu kriteria gawat darurat juga sudah di formulakan,biasanya jika anda tidak gawat darurat namun kerumah sakit dan minta dicover sama bpjs nantinya rumah sakit akan menolak dan artinya anda tidak dicover bpjs.

Alangkah baiknya jika sakit anda ringan atau kronis seperti darah tinggi,atau diabetes sebaiknya anda memeriksakan terlebih dahulu ke puskesmas atau klinik setingkat faskes 1,biasanya di kartu bpjs anda tertulis faskes 1 atau faskes pertama.

CARA BEROBAT BPJS DI KLINIK/PUSKESMAS ATAU SETINGKAT FASKES 1.

perhatian sebelum anda berobat memakai kartu bpjs untuk peserta mandiri pastikan kartu bpjs anda aktif atau tidak telat iuran bulanan.

1.Bawalah kartu bpjs anda ke puskesmas
2.antri dan tunggu sampai diperiksa oleh dokter puskesmas
3.Jika nantinya perlu dirujuk anda akan diberi surat rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan bpjs.
4.dan jika nantinya sakit anda bisa ditangani di faskes 1 anda tidak diberi surat rujukan.

CARA BEROBAT KE RUMAH SAKIT ATAU FASKES LANJUTAN.

jika sakit anda masuk dalam kriteria gawat darurat langsung saja berobat ke rumah sakit terdekat yang rekanan bpjs atau tidak tetap bisa dicover bpjs,langsung masuk ke IGD nantinya dokter jaga akan cek sakit anda apakah bisa dicover bpjs atau tidak.kecelakaan juga bisa loh dicover namun yang berwenang pertama mengcover adalah jasa raharja.

Untuk anda yang mau berobat ke rumah sakit dengan rujukan faskes 1 berikut caranya.

Siapkan dahulu syarat syaratnya.

1.surat rujukan dan foto copynya
2.kartu bpjs dan foto copynya
3.kartu keluarga dan foto copynya
4.KTP dan foto copynya.

Setiap rumah sakit punya manajemen yang berbeda beda namun aturan yang dasar syarat administrasinya adalah seperti diatas.

1.Pergi ke rumah sakit yang di sebut dalam surat rujukan.
2.jika agak darurat masuk ke IGD atau juga bisa ke poliklinik jika bingung tanyakan ke bagian informasi
3.daftar dan masukan administrasinya.
4.tunggu sampai berkas anda disetujui

Tanyakan apakah berkas sudah lengkap jika belum lengkapi

Biasanya berobat dengan bpjs antrinya panjang sangat melatih yang namanya kesabaran usahakan datang lebih awal karena seperti kita tahu peserta bpjs paling banyak dari pada asuransi swasta.

Lalu bagaimana jika rumah sakit yang di pakai tidak bekerja sama dengan bpjs nah biasanya rumah sakit tersebut akan klaim biaya ke bpjs namun bpjs tidak menerima klaim perorangan harus klinik atau rumah sakitnya.

bagaimana jika masuknya kerumah sakit malam dan berkas belum lengkap,nah anda bisa melengkapi pagi atau siangnya yang terpenting pasien itu dirawat dulu apalagi gawat darurat.

Pertanyaan lain yang sering masuk,apakah jika sudah diterima di rumah sakit dan dicover akan gratis,jawabanya bisa ya bisa tidak.misalnya obat yang dipakai dirumah sakit tidak ada dalam formula obat yang ditanggung bpjs biasanya selisih akan dibayar pribadi,misalnya juga kelas perawat bpjs anda kelas 3 dan kebetulan kelas 3 pas penuh maka masuk ke kelas 2 nah biaya selisih akan dibayar oleh pasien secara pribadi artinya tidak ditanggung sepenuhnya,namun secara fakta sampai saat ini sudah banyak koq yang terbantu dengan adanya BPJS.

Jika membantu bagikan tulisan ini untuk teman anda.

informasi bpjs:

  • prosedur bpjs di rumah sakit swasta
  • berobat pakai bpjs
  • cara berobat menggunakan kartu bpjs dirumah sakit swasta
  • cara berobat ke rumah sakit
  • cara menggunakan bpjs kesehatan perusahaan ke rumah sakit lain
  • prosedur persyaratan berobat di RS
  • cara berobat menggunakan bpjs di rumah sakit
  • tata cara penggunaan bpjs
  • surat sakit dari dokter menggunakan bpjs
  • tata cara berobat menggunakan bpjs